Drama Satir India PeeKay Sukses Besar Menghipnotis Penonton

Drama satir India PeeKay baru saja sukses menempati posisi box office dalam jajaran Bollywood dan menjadi bahan perbincangan sepanjang tahun 2014 lalu. Ketika penulis mencoba mencari tahu informasi mengenai sinopsisnya, rasanya cukup menarik untuk kita ulas bersama dalam artikel kali ini sebagai bahan pembelajaran kita semua.

PeeKay merupakan jenis film bergenre drama komedi yang diselipkan berbagai macam satir khas India keluaran tahun 2014. Pemeran utamanya adalah aktor yang sedang naik daun bernama Aamir Khan yg suka sekali bermain judi di situs poker online, setelah mengisi peran di film ini membuat namanya semakin melambung tinggi dan mendapat pengakuan dari media internasional.

Drama Satir India PeeKay Sukses Besar Menghipnotis Penonton

Aamir Khan kali ini menjadi seorang alien yang berkunjung ke planet bumi untuk mengadakan penelitian lanjutan mengenai makhluk hidup bernama manusia. Tanpa menyadari bahwa dirinya sedang telanjang, ia santai saja mendekati seorang pria untuk berkomunikasi dan ingin bersahabat dengannya.

Sesuatu yang tak terduga pun terjadi, manakala pria asing tersebut malah mencuri satu-satunya aksesoris yang alien tersebut pakai yaitu sebuah kalung. Fungsinya bukanlah sebagai fashion semata, karena kalung tersebut sebetulnya merupakan alat komunikasi bagi sang alien agar dapat menghubungi markas besar di planet tempat ia berasal.

Drama Satir India PeeKay Sindir Soal Kisruh Agama di Dunia Nyata

Kisah drama satir India PeeKay tak sekedar berpusat pada petualangan si alien dalam mengambil kembali kalung miliknya yang telah dicuri. Sepanjang perjalanannya, ia pun mencoba beradaptasi dengan tingkah laku manusia, berpakaian, serta mengenal alat transaksi manusia bernama uang fiat alias uang kertas.

Kelakuannya yang aneh dan linglung membuat orang sekitar memanggilnya dengan sebutan PeeKay yang berarti pemabuk. Caranya belajar bahasa manusia pun sangat unik, karena ia harus menggenggam tangan seseorang untuk diserap seluruh ilmu pengetahuannya dan menstransfer kopian data tersebut ke dalam otaknya.

Drama Satir India PeeKay Sindir Soal Kisruh Agama di Dunia Nyata

Seorang seniman bernama Bhairon tak sengaja menabrak PeeKay hingga kecelakaan pun tak terhindarkan lagi, membuatnya merasa bersalah karena hal itu. Bhairon menyangka bahwa PeeKay mengalami syok akibat insiden kecelakaan tersebut hingga membuatnya tidak dapat berbicara normal, pada akhirnya Bhairon pun tak tega lalu mengajak PeeKay ikut dalam rombongannya sampai sembuh seperti sedia kala.

Setelah mendapat ilmu pengetahuan yang cukup, PeeKay menjelaskan kepada Bhairon bahwa ia sesungguhnya sedang mencari kalung yang hilang karena dicuri. PeeKay pun bertanya kepada setiap orang apakah mereka tahu tentang keberadaan kalung miliknya, namun selalu saja mendapat jawaban serupa yaitu “hanya Tuhan yang tahu.”

Mencari Keberadaan Tuhan Demi Menemukan Kalung Alien

PeeKay dengan polosnya menganggap bahwa ia harus mencari sosok bernama Tuhan demi bisa menemukan kembali kalung miliknya. Dari sinilah drama satir India PeeKay bermula, karena ia akhirnya mendapati fakta bahwa ada banyak Tuhan dari setiap agama yang berbeda, membuatnya kebingungan mencari Tuhan manakah yang asli.

Rasanya Bollywood semakin kreatif saja, karena segala macam hal dapat dikemas menjadi sebuah cerita yang unik mulai dari alien pencari Tuhan hingga film India tentang pembalut memenangkan Piala Oscar 2019 silam. PeeKay berulang kali melontarkan pertanyaan lugu dan polos tanpa bermaksud menghina, sebab ia hanya ingin bertanya kepada Tuhan mengenai informasi letak kalungnya saat ini berada.

Drama Satir India Peekay Mencari Keberadaan Tuhan

Kelakuannya semakin ekstrim manakala ia telah berkeliling mempelajari sebuah agama namun tetap saja selalu menemukan definisi Tuhan yang beragam. Setelah itu ia berkesimpulan bahwa Tuhan hilang, sehingga ia membuat selebaran berisi pernyataan bahwa siapapun yang menemukan Tuhan harap segera menghubunginya.

Klimaks cerita ini adalah ketika kegiatan sang alien menarik perhatian seorang jurnalis wanita bernama Jaggu, seorang penganut Hindu yang pernah berpacaran dengan pria muslim asal Pakistan. Takdir telah mempertemukan keduanya, menjadi sepasang sahabat berbeda spesies dan memulai petualangan bersama sembari melontarkan kritik sosial akan hiruk pikuk dunia nyata seputar kebenaran agama.